Wednesday, February 16, 2011

Sejarah blog.

Media blog pertama kali dipopularkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kempen politik, sehinggalah kepada program-program media dan syarikat-syarikat. Sesetengah blog dikemaskini oleh seorang penulis tunggal, sementara sesetengah yang lain oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasiliti interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tetamu dan ruangan komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang diterbitkan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Laman-laman
web yang mempunyai perkaitan seperti weblog, atau secara himpunannya menjadi kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktiviti, informasi dan pendapat yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

1 comments:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum! Terimakasih, infonya amat bermanfaat. Walau saya udah cukup lama ngeblog, tapi baru kali ini tahu sejarah blog lewat blog Tuan... ^_^ Saya juga ingin menginfokan, bahwa dunia blog juga bisa kita jadikan sebagai media usaha bahkan pendapatan lebih wang kita, silakan lihat blog saya http://justbeenpaid3.us.tc/

Post a Comment